Tugas 1 Mobile Application (Pengertian Mobile Application

Perkembangan teknologi telepon seluler sangatlah pesat. Telepon seluler telah berubah menjadi salah satu perangkat multi fungsi, salah satunya yang sering digunakan sekarang ini adalah untuk menjalankan aplikasi – aplikasi mobile sebagai media untuk mengakses dan mengolah informasi.Perkembangan aplikasi mobile didukung dengan semakin berkembangnya bahasa pemrograman, salah satu bahasa pemrograman mobile yang banyak digunakan adalah J2ME (Java 2 Micro Edition).

Aplikasi Mobile adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau Handphone. Dengan menggunakan aplikasi mobile, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari hiburan, berjualan, belajar, mengerjakan pekerjaan kantor, browsing dan lain sebagainya. Pemanfaatan aplikasi mobile untuk hiburan paling banyak digemari oleh hampir 70% pengguna telepon seluler, karena dengan memanfaatkan adanya fitur game, music player, sampai video player membuat kita menjadi semakin mudah menikmati hiburan kapan saja dan dimanapun.

Program aplikasi mobile commerce adalah suatu program aplikasi yang bertujuan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memperoleh informasi mengenai handphone serta dapat melakukan transaksi pembelian melalui perangkat nirkabel, mengingat handphone merupakan salah satu teknologi yang mudah dibawa ke mana-mana dan banyak dimiliki oleh masyarakat umum. Penggunaan program aplikasi mobile commerce akan sangat bermanfaat bagi pemilik toko handphone, karena dapat membantu meningkatkan penjualan barang, mengetahui jumlah persediaan barang, serta menghasilkan laporan yang dibutuhkan.

Program aplikasi mobile commerce toko handphone ini terdiri dari modul home, modul user, modul menu user, modul about us, modul help, modul menu administrator. Modul-modul yang dirancang dengan bahasa pemograman WML dan PHP serta menggunakan MySQL sebagai basis data. Hasil rancangan kemudian diuji kebenaran dan kemampuannya. Proses pengujiaan dilaksanakan pada setiap modul program dengan menggunakan pengujian black-box. Pengujian dengan metode ini dilakukan dengan memberi sejumlah input yang kemudian diproses sesuai dengan kebutuhan fungsionalnya untuk mendapatkan output yang diinginkan.

Software Yang digunakan adalah Netbeans. NetBeans mengacu pada dua hal, yaitu platform untuk pengembangan aplikasi desktop java, dan sebuah Integrated Development Environment (IDE) yang dibangun menggunakan platform NetBeans. Platform NetBeans memungkinkan aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler yang disebut ‘modul’. Sebuah modul adalah suatu arsip Java (Java archive) yang memuat kelas-kelas Java untuk berinetraksi dengan NetBeans Open API dan file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul. Aplikasi yang dibangun dengan modul-modul dapat dikembangkan dengan menambahkan modul-modul baru. Karena modul dapat dikembangkan secara independen, aplikasi berbasis platform NetBeans dapat dengan mudah dikembangkan oleh pihak ketiga secara mudah dan powerful.

Platform NetBeans adalah framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi desktop. Ketika aplikasi berbasis platform NetBeans dijalankan, kelas Main dari platform dieksekusi. Modul-modul yang tersedia ditempatkan di sebuah registry di dalam memori, dan tugas startup modul dijalankan. Secara umum, kode modul dimuatkan ke dalam memori hanya ketika ia diperlukan. Aplikasi dapat menginstal modul secara dinamis. Aplikasi dapat memasukkan modul Update Center untuk mengijinkan pengguna aplikasi men-download digitally-signed upgrade dan fitur-fitur baru secara langsung ke dalam aplikasi yang berjalan. Penginstalan kembali sebuah upgrade atau rilis baru tidak memaksa pengguna untuk men-download keseluruhan aplikasi lagi.

Komentar